Menu

4 Resiko Investasi Emas yang Perlu Anda Waspadai Sebagai Investor Pemula

Desember 26, 2017 | Emas

Resiko Investasi Emas yang Perlu Anda Waspadai Sebagai Investor Pemula

– Meskipun emas termasuk investasi yang diminati oleh banyak orang, resiko investasi emas tetap ada dan perlu Anda waspadai. Tingginya minat masyarakat untuk berinvestasi emas terlihat dari jumah transaksi yang tinggi. Banyak orang yang berinvestasi emas karena harganya yang cenderung stabil dan sangat menguntungkan.

Meskipun demikian, harga emas yang ada di pasaran tidak selamanya stabil, sebab bisa saja emas mengalami perubahan harga yang cepat. Ada beberapa faktor yang membuat harga emas menjadi tidak stabil, salah satu faktor tersebut adalah kondisi ekonomi di suatu negara.

Dengan adanya resiko tersebut, saat berinvestasi emas, maka Anda tetap harus melakukan investasi dalam bentuk portofolio yang lainnya. Langkah seperti ini perlu Anda pahami untuk mencegah penurunan nilai investasi secara keseluruhan.

Faktor inflasi suatu negara dan nilai tukar rupiah terhadap USD menjadi hal yang menentukan pergerakan harga emas. Sebagai contohnya, saat nilai tukar rupiah melemah terhadap USD, maka akan semakin tinggi juga harga emas yang ada di pasaran. Hal seperti ini tentu akan mempengaruhi nilai investasi yang Anda lakukan. Belum lagi mengingat nilai tukar rupiah yang mudah dipangaruhi oleh berbagai hal yang ada didalam suatu negara.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang resiko investasi emas, pembahasan akan dimulai dengan berbagai bentuk investasi emas yang bisa Anda lakukan. Sehingga Anda akan mengetahui bentuk investasi apa saja yang bisa dipilih saat tertarik membeli emas.

3 Jenis Investasi Emas yang Bisa Dibeli

1.Emas Perhiasan

Jenis investasi yang satu ini sudah lama dikenal oleh masyarakat sebagai lambang kekayaan. Masyarakat beranggapan bahwa perhiasan emas akan selalu meningkat nilainya dari tahun ke tahun, sehingga menjadi investasi yang sangat menguntungkan.

Hal yang tidak dipahami oleh masyarakat adalah adanya kelemahan saat mereka memilih untuk berinvestasi emas. Di dalam perhiasan emas, ada biaya pembuatan yang harus Anda bayarkan pada perhiasan tersebut. Biaya pembuatan perhiasan tersebut biasanya dihitung per gram emas yang Anda miliki. Dengan demikian, semakin berat perhiasan yang Anda miliki akan semakin besar pula biaya pembuatan yang perlu Anda keluarkan.

Bukan cuma itu saja, biaya pembuatan perhiasan emas juga dipengaruhi oleh bentuk dan tingkat kerumitan dari perhiasan tersebut. Semakin rumit proses pembuatannya, maka akan semakin mahal juga biaya pembuatan yang harus Anda bayarkan pada perhiasan tersebut.

 

Risiko-Investasi-Emas

Hal yang membuat rugi dan menjadi salah satu kekurangan dari investasi pada perhiasan emas adalah saat akan menjual perhiasan tersebut, biaya pembuatan tidak dihitung oleh pihak toko emas. Pihak toko emas hanya akan menghitung perhiasan emas tersebut berdasarkan berat dan kadar

Saat ini terjadi, Anda akan mendapatkan harga jual yang lebih murah dibandingkan saat Anda membeli perhiasan emas tersebut .

2. Emas Batang

Jika Anda berniat berinvestasi emas, lebih baik membeli emas batangan yang memberikan nilai investasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas yang berbentuk perhiasan. Nilai investasi emas yang berbentuk batang lebih stabil antara nilai jual dan nilai belinya.

Hal yang menjadi kelebihan dari emas batangan adalah setiap emas yang Anda beli akan dilengkapi dengan sertifikat keaslian yang menjadi jaminan. Sertifikat tersebut akan memuat berbagai informasi berkaitan dengan emas yang Anda beli meliputi berat emas, ukuran emas, dan kadar emas tersebut.

Jika Anda tertarik untuk membeli emas batangan, maka Anda bisa membeli logam mulia yang dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah melalui PT Aneka Tambang Tbk. Emas yang dikeluarkan oleh Antam memiiki berbagai ukuran mulai dari 1 gram, 2 gram, sampai 1000 gram dengan kadar emas 999.9%.

3. Koin Emas

Bentuk investasi emas yang terakhir adalah koin emas yang banyak diminati oleh penghobi barang antik yang berharga.

Sampai saat ini ada banyak koin emas antik yang diburu oleh pihak investor karena memiliki harga yang sangat tinggi di pasaran. Hal yang perlu Anda ketahui adalah harga koin emas kuno memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga koin emas yang biasa.

Setelah memahami dengan baik berbagai bentuk investasi yang bisa Anda miliki, maka pembahasan selanjutnya berkaitan dengan resiko investasi emas yang perlu Anda waspadai.

4 Resiko Investasi Emas yang Perlu Diwaspadai

1. Emas Memiliki Bentuk yang Kurang Praktis

Resiko yang pertama dari investasi emas adalah fisiknya yang kurang praktis dan membutuhkan tempat penyimpanan yang aman. Apalagi jika Anda memiliki emas batangan dalam jumlah yang sangat besar, pasti Anda membutuhkan sebuah brankas yang besar sebagai tempat penyimpanan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah saat memiliki emas dalam jumlah yang banyak, maka hal ini akan mengundang kejahatan dari orang lain. Dengan demikian, Anda membutuhkan keamanan yang ekstra untuk menjaga emas yang dimiliki.

Solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan safe deposit box yang tersedia di bank atau pegadaian. Saat menggunakan jasa ini, maka Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan per bulan atau per tahun.

2. Emas Memiliki Resiko Hilang

Seperti yang telah dijelaskan di atas, emas memiliki bentuk yang tidak praktis dan membutuhkan tempat penyimpanan yang aman. Selain itu, fisik emas sangat mencolok dan mengundang orang lain untuk berbuat jahat. Apalagi Anda membeli emas yang berbentuk perhiasan dan Anda pakai saat berpergian kemanapun.

Resiko hilang dan dicuri oleh orang lain sangatlah besar, sehingga kerugian yang Anda dapatkan akan semakin besar.

3. Emas Palsu

Hal yang satu ini sangat penting untuk diwaspadai oleh orang awam yang baru memulai berinvestasi emas. Penipuan emas palsu tidak hanya terjadi pada individual saja, tetapi pihak bank dan pegadaian pun bisa mengalami penipuan yang sama jika tidak jeli memperhatikan keaslian emas.

Saat ini emas batangan, emas perhiasan, dan koin emas sangat mudah dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Oleh karena itu saat akan membeli emas sebaiknya Anda melakukan transaksi jual beli di tempat yang dipercaya seperti Bank, Pegadaian, dan Toko Emas yang terpercaya.

4. Investasi Emas Bodong

Anda yang pemula dan baru akan memulai investasi emas pasti akan mudah tertipu dengan investasi emas bodong. Investasi emas bodong sering kali dilakukan oleh pihak-pihak yang menawarkan investasi emas dengan keuntungan yang sangat besar kepada targetnya.

Saat Anda menemui pihak seperti di atas, jangan mudah tertarik dengan ajakan yang mereka tawarkan. Sangat besar kemungkinan mereka berniat menipu Anda dan mencoba mengambil keuntungan dari ketidaktahuan Anda. Saran terbaik yang kami berikan adalah sebaiknya memiliki berinvestasi di tempat yang sudah dipercaya oleh banyak pihak.

Itulah berbagai bentuk investasi emas dan resiko investasi emas yang perlu Anda pahami dengan baik sebelum memulai berinvestasi.

Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Selamat berinvestasi!

Baca juga artikel investasi lainnya di sini :

Related For 4 Resiko Investasi Emas yang Perlu Anda Waspadai Sebagai Investor Pemula