Menu

5 Keuntungan Investasi Deposito dan Cara Mudah untuk Memaksimalkan Keuntungan yang Diperoleh

Januari 10, 2018 | Investasi

Keuntungan Investasi Deposito dan Cara Mudah untuk Memaksimalkan Keuntungan yang Diperoleh

– Rasa aman dan resiko rendah menjadi keuntungan investasi deposito yang banyak dicari oleh para nasabah. Selain itu banyak masayarakat yang tertarik menggunakan deposito karena tingkat suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan. Ditambah lagi dengan tingkat resiko yang rendah membuat semakin besar minat masyarakat menginvestasikan uangnya ke dalam deposito.

Apakah Anda termasuk orang yang tertarik mengunvestasikan uang didalam deposito?

Jika iya, kami akan memberikan penjelasan lebih lanjut berkaitan dengan keuntungan deposito lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Berikut ini 5 keuntungan investasi deposito yang perlu Anda pahami dengan baik.

1. Deposito Termasuk Investasi yang Menguntungkan

Keuntungan investasi yang pertama adalah kelebihan dana yang Anda miliki bisa dijadikan sarana investasi yang menguntungkan dan aman. Hal ini dapat terjadi karena dana yang diinvestasikan telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Saat Anda menggunakan deposito sebagai sarana investasi, maka nilai pokok uang yang Anda setorkan akan tetap terjaga dengan baik. Kelebihan ini tidak bisa Anda dapatkan pada jenis investasi seperti Saham dan Obligasi, dimana nilai pokok investasi yang Anda miliki beresiko berkurang dibandingkan nilai sebelumnya.

Saat Anda menginvestasikan uang kedalam obligasi, maka nilai pokok uang yang Anda miliki akan berubah tergantung pergerakan suku bunga yang ada. Jadi, saat suku bunga meningkat artinya harga obligasi yang Anda miliki akan menurun nilainya.

Begitu juga dengan nilai saham yang pergerakan harganya berpengaruh terhadap kondisi pasar yang ada.

2. Kemudahan untuk Mengambil Bunga dari Deposito

Aturan investasi obligasi adalah Anda selaku pemilik dana tidak bisa mengambil uang kapanpun Anda inginkan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan deposito hanya bisa diakses saat Anda membuka rekening deposito.

Meskipun demikian, ada beberapa bank yang memberikan kemudahan kepada para nasabahnya untuk mengambil bunga dari deposito yang dimiliki. Sehingga bunga yang Anda dapatkan tersebut bisa ditransfer menuju rekening yang ada.

Dengan kemudahan di atas, Anda bisa mendapatkan pendapatan pasif berupa bunga yang bisa disetorkan kedalam rekening pribadi.

3. Deposito Termasuk Investasi yang Minim Resiko

Keuntungan investasi deposito yang akan Anda dapatkan adalah terlindungi dari pergerakan pasar yang terjadi. Bukan cuma itu saja, sebab ada Lembaga Penjamin Simpanan yang siap menjamin dana yang Anda investasikan terbebas dari berbagai bentuk penyelewengan dana.

Bagaimana jika tempat Anda berinvestasi mengalami kebangkrutan?

Pihak LPS menjamin uang yang Anda simpan saat bank tempat Anda menginvestasikan dana mengalami kebangkrutan. Pihak LPS akan menjami dana nasabah sampai Rp 2 Miliar, jadi tidak perlu khawatir dengan resiko ini. Hal yang perlu Anda garisbawahi adalah bank tempat Anda menginvestasikan dana telah terdaftar dalam LPS.

4. Deposito Menawarkan Bunga yang Kompetitif

Hal yang perlu Anda pahami adalah pihak bank biasanya adakan memberikan bunga deposito yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan. Hal seperti ini bisa terjadi dikarenakan investor yang menyimpan uangnya dalam bentuk deposito rela menitipkan uangnya dalam jangka waktu tertentu dan mereka bersedia tidak mengambilnya dalam periode tertentu. Dana yang mereka berikan kepada pihak bank tersebut akan dikelola oleh pihak bank untuk bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Perbedaan antara suku bunga tabungan dan suku bunga deposito antara 2% dan 7% di Indonesia. Bunga 2% yang Anda dapatkan dari tabungan tersebut akan habis oleh biaya administrasi dan lain sebagainya. Di sisi lain bunga deposito masih tetap bisa Anda nikmati.

5. Adanya Jaminan Keamanan

Manfaat terakhir yang bisa Anda rasakan saat menginvestasikan dana kedalam deposito adalah jaminan keamanan yang akan dirasakan. Pemerintah memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan cara menjamin dana yang telah disimpan oleh masyarakat.

Dalam hal ini, pemerintah menjamin dana yang Anda investasikan melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Para pemula yang masih ragu menanamkan dananya ke deposito tidak perlu lagi khawatir dengan resiko investasi.

4 Cara Memaksimalkan Keuntungan Investasi Deposito

Setelah Anda memahami dengan baik 5 keuntungan yang bisa didapatkan dari berinvestasi deposito, maka kali ini kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana cara memaksimalkan keuntungan yang didapatkan.

1. Anda Perlu Menentukan Jangka Waktu

Saat mulai berinvestasi di deposito, maka hal penting yang perlu dilakukan adalah menentukan jangka waktu Anda meletakkan dana tersebut. Saat akan menentukan waktu, maka salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah kapan Anda akan membutuhkan dana tersebut. Dengan cara seperti ini Anda memahami dengan baik apa tujuan berinvestasi dan kapan waktu untuk mengambil dana tersebut.

2. Tentukan Jenis Deposito yang Dipilih

Jika sudah menentukan kapan waktu mengambil dana yang telah diinvestasikan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis investasi yang cocok dengan kebutuhan Anda. Sebagai contohnya, deposito berjangka merupakan produk yang cocok, jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka waktu 2 tahun dan ingin mendapatkan bunga yang kompetitif.

Bagaimana jika Anda butuh dana sewaktu-waktu? Pilihlah Deposito Likuid/On Call yang memungkinkan Anda melakukan hal di atas.

3. Penting untuk Membandingkan Suku Bunga

Langkah selanjutnya adalah membandingkan dengan tepat setiap produk deposito dari berbagai bank yang berbeda. Saat ini sudah banyak informasi pembanding harga yang bisa Anda dapatkan secara online. Setiap bank memiliki rate yang berbeda, bandingkan juga bunga deposito pada BPR yang kemungkinan juga memiliki rate lebih besar.

4. Lakukan Diversifikasi Investasi

Langkah terakhir penting untuk mulai Anda lakukan saat berinvestasi di dalam deposito. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah membagi produk deposito dalam jangka waktu yang berbeda-beda satu sama lainnya.

Caranya tidak sulit, contohnya seperti ini jika Anda memiliki dana 100 Juta, maka bagi dana tersebut menjadi 3 bagian deposito. Pertama 50 juta masuk ke dalam deposito yang berjangka 3 tahun, kemudian 30 juta bisa Anda masukkan kedalam deposito berjangka 2 tahun, dan sisanya bisa dimasukkan kedalam deposito berjangka 1 tahun.

Jika sudah jatuh tempo, maka Anda bisa mengambil uang tersebut atau menginvestasikannya secara kembali. Hal ini perlu dilakukan untuk mempertahankan pola investasi yang telah Anda buat sebelumnya.

Sudah menjadi rahasia umum, setiap investor pasti mencari pilihan investasi yang aman namun tetap menguntungkan. Kriteria tersebut bisa Anda dapatkan melalui investasi di deposito dan bisa menjadi petimbangan Anda untuk memilih investasi.

Baca juga Artikel kami yang lainnya :

Related For 5 Keuntungan Investasi Deposito dan Cara Mudah untuk Memaksimalkan Keuntungan yang Diperoleh