Menu

7 Strategi Investasi Properti yang Bisa Anda Lakukan Segera

Desember 20, 2017 | Properti

Apa Strategi Investasi Properti Anda ? 

Investasi properti termasuk sektor investasi yang sering dipilih oleh banyak orang untuk menjaga stabilitas keuangan dari dampak inflasi yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Dengan demikian sangatlah wajar apabila investor memilih investasi properti untuk menyelamatkan harta dari dampak inflasi.

Selain untuk menyelamatkan harta dari dampak inflasi, berinvestasi pada sektor properti membuat investor lebih mudah untuk mendapatkan uang tanpa perlu bekerja dengan keras. Melalui properti yang dimiliki, para investor bisa menyewakannya kepada pihak lain agar bisa mendapatkan pendapatan sewa dari sana. Memahami risiko investasi dan memiliki strategi merupakan hal yang wajib kita ketahui. ( baca dahulu risiko investasi di sini ).

Meskipun terlihat sangat menguntungkan dan mudah untuk dilakukan, sebenarnya investasi di sektor properti sangat bergantung dengan strategi yang Anda jalankan. Sebagai seorang investor, Anda harus memiliki strategi dan perancanaan yang matang sebelum memulai berinvestasi.

Kali ini kami akan membahas strategi yang bisa Anda terapkan saat akan memulai berinvestasi di sektor properti. Berikut ini 6 strategi ampuh yang bisa dijadikan pedoman agar Anda bisa sukses berinvestasi properti.

Investasi-Properti

1. Investasi Properti : Temukan Pengembang Properti yang Baik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat akan berinvestasi di sektor properti adalah menemukan pengembang yang memiliki kredibilitas. Cara yang paling mudah untuk menilai baik buruknya sebuah pengembang adalah melihat rekam jejak yang dimiliki. Pertimbangkan pihak pengembang yang memiliki pengalaman dengan proyek-proyek yang besar dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi.

Hal yang perlu Anda pahami adalah kawasan properti baru dan terpadu seringkali dilakukan oleh pihak pengembang properti yang telah memiliki nama besar dan berpengalaman. Oleh karena itu lebih baik Anda memilih developer yang memiliki pengalaman yang baik dibandingkan berspekulasi dengan pengambang yang baru.

2. Investasi Properti : Cermati Lokasi Properti yang Anda Pilih

Saat Anda terjun berinvestasi di sektor properti, maka lokasi merupakan hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan dengan baik. Suatu lokasi dikatakan terbaik, apabila dekat dengan tempat-tempat yang strategis seperti pusat kota, pusat pendidikan, akses transportasi yang memadai, pusat perbelanjaan, akses ke sarana kesehatan, dan dekat dengan pusat hiburan.

3. Investasi Properti : Perhatikan Harga Properti Sebelum Anda Membeli

Saat Anda akan membeli sebuah properti, maka harga yang ditawarkan oleh pihak pengembang harus sesuai dan masuk akal. Artinya harga yang mereka tawarkan harus sesuai dengan bentuk bangunan, kualitas bangunan, fasilitas yang mereka sediakan, dan lokasi dimana properti tersebut berada.

Dalam hal ini, Anda perlu cerdas memperhatikan perkembangan harga properti yang ada di pasaran. Pahami dengan baik harga pasar yang ada di kawasan tersebut sebelum Anda memutuskan untuk membeli properti yang di tawarkan.

4. Investasi Properti : Lihat Baik-Baik Sampel Properti yang Ada

Biasanya sebuah pengembang akan menawarkan rumah atau properti dalam bentuk sudah dibangun dan yang belum dibangun. Apabila Anda tertarik untuk membeli rumah yang belum dibangun, ada baiknya cermati sampel properti yang mereka tawarkan. Namun, kami sangat menyarankan kepada Anda untuk membeli rumah yang telah dibangun dibandingkan membeli rumah yang belum dibangun sama sekali.  Hal ini untuk menghindari dari tindak penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Perhatikan bahan bangunan, kualitas bahan yang digunakan, luas lahan yang tersedia, dan lain sebagainya. Sebab, faktor-faktor di atas akan sangat menentukan kualitas properti yang akan Anda beli.

6. Investasi Properti : Miliki Properti di Banyak Tempat

Jika Anda sudah berpengalaman dalam melakukan investasi properti, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan untuk menambah investasi yang ada agar bisa menambah potensi keuntungan yang Anda miliki. Pilihlah properti yang lain di lokasi yang berbeda dan jangan hanya membeli properti di satu lokasi saja.

Sebagai contohnya Anda telah memiliki sebuah rumah di Lokasi X yang berada di Perumahan XA. Maka, Anda bisa memilih properti yang lain di Lokasi Y di dalam Perumahan yang juga berbeda. Contoh ini memiliki tujuan agar Anda melakukan diversifikasi investasi atas aset yang telah dimiliki.

Melakukan diversifikasi investasi memiliki manfaat agar Anda tetap bisa menghasilkan keuntungan apabila suatu properti mengalami kerugian. Sebagai contohnya saja, Anda memiliki properti di kawasan A yang disewakan kepada orang lain. Suatu saat properti ini mengalami kerusakan kerena bencana alam, sehingga membuat Anda kehilangan pendapatan sewa. Jika Anda memiliki properti di kawasan yang berbeda, maka masalah seperti ini tentu tidak perlu Anda khawatirkan secara berlebihan.

Saat akan memilih properti yang lain untuk diversifikasi investasi properti, maka Anda perlu mempertimbangkan lokasi properti sebelum membeli. Lokasi yang tepat merupakan kunci utama dalam berinvestasi properti dan ini perlu Anda pertimbangkan dengan matang dan cermat. Semakin strategis lokasi yang Anda pilih, maka akan semakin besar pula potensi kenaikan harga properti yang Anda miliki.

Percuma saja jika Anda memiliki banyak properti, tetapi berada di kawasan yang sangat jauh dan sedikit sekali orang yang berminat. Anda tidak akan bisa mendapatkan keuntungan seperti pendapatan sewa dan kenaikan harga properti yang kami sebutkan di atas.

Namun, memilih properti di kawasan strategis membutuhkan anggaran yang besar untuk Anda siapkan. Oleh karena itu, strategi memilih properti di kawasan strategis bisa Anda terapkan jika Anda telah menghasilkan keuntungan di suatu kawasan yang lain.

7. Investasi Properti : Promosikan Properti yang Anda Miliki Agar Menguntungkan

Setelah Anda menerapkan 6 strategi di atas, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah promosikan aset yang Anda miliki agar orang tertarik untuk menggunakannya. Anda sangat beruntung hidup di zaman yang dimanjakan dengan media internet sebagai sarana promosi yang murah dan sangat efektif.

Iklankan properti yang Anda miliki ke beberapa situs yang menyediakan tempat untuk mempromosikan aset yang Anda miliki. Sebagai contohnya, apabila Anda memiliki unit apartemen di lokasi yang strategis, maka Anda bisa menawarkan properti tersebut ke situs airBNB agar bisa dilihat oleh orang lain yang ingin menyewa.

Apabila Anda merasa properti yang dimiliki telah mengalami kenaikan harga dan ingin menjualnya kepada orang lain, maka Anda bisa mengiklankannya ke situs jual beli rumah seperti rumah123 dan OLX.

Promosi melalui internet sangat mudah Anda lakukan dan bisa dijangkau oleh siapa pun. Selain itu promosi dengan cara yang seperti ini bisa Anda lakukan kapan saja, biaya yang ralatif murah, bahkan cenderung gratis. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mempromosikan properti yang dimiliki.

Dengan konsisten melakukan strategi-strategi sederhana yang telah kami sampaikan di atas. Sangat besar kemungkinan investasi properti yang Anda miliki bisa terus berkembang di masa depan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah berani mengambil tindakan untuk memaksimalkan semua aset yang Anda miliki.

Itulah 7 strategi investasi properti yang bisa Anda lakukan.

Semoga informasi di atas bisa menginspirasi Anda semua! Ingin Membaca jenis Investasi lainnya? klik di sini.

Related For 7 Strategi Investasi Properti yang Bisa Anda Lakukan Segera