Menu

9 Kelebihan Investasi Bitcoin untuk Pemberani

Januari 4, 2018 | Bitcoin

Kelebihan Investasi Bitcoin Untuk Pemberani

– Semakin meningkatnya harga jual di pasaran menjadikan investasi Bitcoin mulai banyak dicari oleh para investor. Meskipun nilainya cenderung mengalami fluktuasi yang tinggi, hal ini tetap membuat masyarakat antusias untuk membeli dan menjadikannya investasi tambahan. Bukan cuma itu saja, meskipun keberadaan Bitcoin belum disahkan oleh Pemerintah, mata uang virtual ini sudah mulai digunakan banyak masyarakat sebagai alat tukar pembayaran.

main-bitcoin

Jika Anda termasuk orang yang menyukai high risk high return dan tertarik untuk berinvestasi mata uang virtual ini, kali ini kami akan membahas berbagai kelebihan dari investasi Bitcoin.

Apa saja? Berikut penjelasannya lebih lanjut :

1.  Kelebihan Investasi Bitcoin : Faktor Keamanan Bitcoin

Salah satu faktor yang membuat banyak pihak khawatir saat akan memulai berinvestasi adalah potensi pemalsuan yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab. Mata uang di dunia merupakan salah satu contoh hal yang mudah dipalsukan oleh pihak lain.

Hal di atas sangat berbeda dengan Bitcoin, sebab ada sebuah aturan kriptogafi yang diterapkan dan membuat Bitcoin sangat sulit untuk dipalsukan oleh pihak lain. Selain itu setiap Bitcoin yang ada dan setiap transaksi yang dilakukan akan tercatat di Blockchain. Hal ini memungkinkan diketahuinya jumlah Bitcoin dan transaksi yang telah dilakukan.

2. Kelebihan Investasi Bitcoin : Bisa Digunakan Sebagai Tabungan

Bitcon merupakan bentuk tabungan sekaligus investasi yang memiliki sistem yang sederhana dan tidak merepotkan. Nilai Bitcoin memiliki potensi untuk terus naik dari tahun ke tahun dan bisa menjadi sarana investasi yang sangat menguntungkan. Namun, Anda tetap harus waspada terhadap resiko Bitcoin yang tinggi. Sebab, bukan tidak mungkin Anda bisa menderita kerugian dari investasi yang dilakukan.

3. Kelebihan Investasi Bitcoin : Bitcoin Mudah Digunakan

Kelebihan investasi Bitcoin yang selanjutnya adalah kemudahannya untuk digunakan karena sifatnya yang diakui dunia dan bersifat digital. Saat ingin mentransfer uang, Anda hanya perlu Wallet atau Dompet Bitcoin yang bisa Anda buat dengan mudah.

Bandingkan jika Anda melakukan tranfer uang dengan menggunakan rekening bank yang akan memakan biaya transfer dan persyaratan yang cukup sulit untuk bisa membuat rekening bank.

4. Kelebihan Investasi Bitcoin : Nilai Bitcoin Murni Berdasarkan Hukum Pasar

Hukum pasar berbunyi, disaat suatu barang/jasa mengalami peningkatan permintaan, sedangkan penawaran barang berjumlah tetap, maka harga barang akan meningkat. Begitu juga disaat jumlah penawaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah permintaan, maka harganya akan menurun.

Hal ini sangat berbeda dengan mata uang yang nilainya bisa diintervensi oleh pemerintah.

5. Kelebihan Investasi Bitcoin : Tidak Ada Pihak yang Bisa Mengintervensi Bitcoin

Hal yang perlu Anda pahami selanjutnya adalah Bitcoin menggunakan sistem desentralisasi. Artinya tidak ada pihak yang mengaturnya, karena semua pihak bisa berpartisipasi dalam prosesnya. Dengan hal ini menjadikan Bitcoin tidak bisa terpengaruh terhadap kebijakan atau aturan yang dibuat oleh beberapa pihak untuk menjatuhkan mata uang virtual ini.

6. Kelebihan Investasi Bitcoin : Bitcoin Mudah Dibawa Dengan Mudah dan Aman

Saat akan pergi ke luar negeri biasanya orang akan menukarkan mata uang negara mereka dengan mata uang negara yang menjadi tujuannya. Namun, saat ini dilakukan ada sebuah kerugian yang tidak disadari oleh banyak pihak.

Kerugian yang pertama adalah nilai kurs jual dan beli yang berbeda dan memiliki potensi merugikan Anda yang akan menukarkan uang. Selanjutnya ada aturan dan kebijakan masing-masing negara yang membatasi jumlah uang yang bisa Anda bawa. Hal ini diterapkan untuk menjaga keselamatan dan keamanan para wisatawan yang datang.

Hal ini sangat berbeda dengan Bitcoin, dikarenakan tidak memiliki bentuk dan bersifat mata uang virtual menjadikan Anda bisa membawa sebesar apapun jumlah Bitcoin yang dimiliki. Selain itu Anda tetap bisa merasa aman dari tindak kejahatan yang berpotensi mengganggu selama di perjalanan.

7. Kelebihan Investasi Bitcoin : Semua Orang Boleh Memilki Bitcoin

Saat Anda akan membuka rekening di perbankan salah satu syarat yang harus ada adalah KTP atau kartu identitas apapun. Hal ini dilakukan oleh semua perbankan sebagai salah satu prinsip mengenal nasabah yang mereka miliki.

Persyaratan di atas tidak berlaku saat Anda akan mendaftar di Bitcoin. Anda hanya perlu memasukkan alamat email dan saat itu juga Anda sudah bisa mendapatkan akun Bitcoin. Kemudahan ini memungkinkan Anda memiliki banyak akun Bitcoin dengan nama kepemilikan yang berbeda-beda.

8. Kelebihan Investasi Bitcoin : Rahasia Terjaga

Hal ini tidak perlu Anda benarkan 100%, sebab tidak ada sistem di dunia yang benar-benar sempurna dan tidak ada celah kekurangan sedikit pun. Hal yang membuat rahasia Anda lebih terjaga dikarenaka saat akan membuat alamat Bitcoin, Anda tidak perlu menggunakan nama asli atau pun alamat tempat tinggal.

Dengan cara seperti ini Anda bisa membuat rekening Bitcoin dan tetap menjaga kerahasiaan pemilik akun. Hanya dengan menggunakan alamat email yang aktif, setiap orang sudah bisa mendapatkan rekening Bitcoin dan menerima uang dalam bentuk Bitcoin.

Kelebihan yang dimiliki oleh Bitcoin inilah yang banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak untuk melakukan pencucian uang. Sehingga orang lain tidak mengetahui riwayat transaksi yang mereka lakukan.

Namun, saat ini penyedia Dompet Bitcoin sudah memiliki sistem verifikasi yang membuat para pengguna perlu mengupload data pribadi yang asli sebagai langkah untuk mengenal nasabah mereka. Dengan cara seperti ini, potensi pencucian uang yang telah disebutkan di atas bisa berkurang dan diminimalisir.

9. Kelebihan Investasi Bitcoin : Bisa Anda Gunakan untuk Membayar Transaksi

Kelebihan yang terakhir yang bisa Anda dapatkan saat berinvestasi di Bitcoin adalah kemudahan untuk melakukan pembayaran atas setiap transaksi yang dilakukan. Merchant yang menyediakan layanan penerimaan Bitcoin sudah tersebar diseluruh Indonesia dan dunia. Namun, Anda harus benar-benar memastikan bahwa merchant tersebut menerima pembayaran dengan menggunakan Bitcoin.

Anda juga bisa dengan mudah mengirim uang kepada keluarga dan teman yang berjauhan jaraknya. Anda hanya perlu mengetahui alamat email atau nomor handphone si penerima, kemudian sistem akan segera mengirimkan dana ke penerima dengan cepat. Hal yang menguntungkan adalah Anda tidak dibebankandengan biaya kirim yang tinggi seperti saat Anda melakukan transfer via bank.

Kemudahan di atas membuat banyak sekali pihak yang mulai beralih menggunakan Bitcoin sebagai sarana pembayaran. Efisien dan lebih efektif menjadi faktor utama yang membuat banyak orang bersedia menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Meskipun banyak kemudahan dan kelebihan yang bisa Anda dapatkan melalui Bitcoin, mata uang virtual ini masih memiliki beberapa kelemahan yang patut diwaspadai. Salah satu kelemahannya adalah nilai tukarnya yang cenderung berfluktuatif dan tidak stabil. Hal ini juga yang membuat beberapa merchant yang sebelumnya menggunakan Bitcoin mulai berhenti menggunakannya sebagai alat terima pembayaran.

Pembahasan selanjutnya, kami akan membahas beberapa kelemahan yang ada di dalam Bitcoin. Sehingga pembahasan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum masuk dan mulai berinvestasi di Bitcoin.

Kami berharap pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua yang mulai mempertimbangkan Bitcoin sebagai sarana investasi. Sebagai seorang risk taker anda wajib memikirkan hal ini.

Semoga menginpirasi! Jika bermanfaat anda dapat membagikan artikel ini ke sekitar anda.

Baca juga artikel kami yang lainnya :

Related For 9 Kelebihan Investasi Bitcoin untuk Pemberani