Menu

Ini Cara yang Tepat Saat Mengelola Risiko Investasi Saham

Desember 23, 2017 | Investasi

Ini Cara yang Tepat Saat Mengelola Risiko Investasi Saham 

-Pembahasan kali ini tidak hanya berkaitan dengan risiko investasi saham yang harus Anda waspadai dengan baik. Kami akan membagikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola risiko investasi saham. ( Jika belum membaca tentang risiko investasi saham sebaiknya baca dulu di sini ). Dengan langkah-langkah di bawah ini, diharapkan Anda bisa mengurangi potensi kerugian yang akan didapatkan saat berinvestasi saham.

Mengelola-risiko-saham

1. Mengelola Risiko Investasi Saham : Pahami Beberapa Hal Sebelum Memulai Berinvestasi

Sebelum Anda berniat masuk kedalam pasar saham dan membeli saham yang ada didalamnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Pertama, Anda perlu memahami dengan baik prospektus saham dari perusahaan yang akan dibeli. Kedua, harga saham tidak menentukan baik buruknya kinerja perusahaan. Ketiga, jangan hanya menerapkan beli saham murah, selama Anda bisa membeli saham mahal dan menjualnya dengan lebih mahal.

Menginvestasikan diri pada ilmu memang tidak mudah. Banyak misteri pada saham yang harus kita pelajari perlahan. Contohnya bagaimana teknik kita membeli, kapan saham itu lagi murah murah nya? kapan akan meningkat? akan kah suatu saham mengalami penurunan dalam periode tertentu? Apa hubungan Halloween dengan saham? jika anda sudah mengetahuinya anda sudah sedikit maju.

2. Mengelola Risiko Investasi Saham : Psikologi is the key !

Sebagai seorang investor saham, Anda harus menghindari mengambil keputusan investasi berdasakan insting. Buat sebuah keputusan berdasarkan perhitungan yang bisa dilakukan secara objektif.

Pahami dengan baik diri Anda sendiri, sebab setiap orang memiliki toleransi terhadap risiko yang berbeda-beda. Ada orang yang bisa tetap tenang saat melihat lonjakan harga saham dan ada juga orang yang mudah panik dengan pergerakan tidak biasa dari saham yang mereka miliki.

Pahami prinsip risiko yaitu risiko tidak bisa Anda hindari saat memutuskan untuk masuk kedalam pasar saham. Risiko yang ada perlu Anda kendalikan dengan baik agar tidak terkena dampak buruk dari risiko tersebut. Untuk dapat mengelola risiko diperlukan kematangan psikologis yang luar biasa. Kematangan ini akan terjadi seiring dengan pengalaman para investor.

3. Mengelola Risiko Investasi Saham : Ketahui Perhitungan Rasio Laba/Imbal Hasil

Jika seorang investor membeli saham dengan harga Rp 3.000 per lembar dan menjualnya saat harga Rp 3.500 per lembar saham, maka ia mendapatkan laba Rp 500 per lembar. Jika Anda membeli sebanyak 100 lembar saham, artinya laba yang Anda dapatkan sebesar Rp 50.000. Rasionalkan imbal hasil dengan modal anda. Jangan berharap terlalu banyak pada modal yang sedikit. Hal ini dapat mempengaruhi emosi dan kesabaran anda sebagai investor.

Rasil Laba/Imbal Hasil:

Rp 50.000/Rp 300.000: 0,16

Dengan menggunakan rasio laba/imbal hasil, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengambil keputusan investasi. Tetapi ingat menghitung rasio laba/rugi tetap memperhatikan riwayat kenaikan harga sebelumnya dan biasanya sangat mudah digunakan pada saham volatile yang sedang sideways. Jika anda investor jangka panjang biasanya tidak memperhitungkan ini diawal investasi.

4. Mengelola Risiko Investasi Saham : Tips Tambahan yang Perlu Dilakukan

Saat Anda memilih saham yang akan dibeli, maka pilihlah saham yang memiliki fundamental yang baik. Jangan pernah meletakkan semua investasi dalam satu jenis saja, letakkan saham ke berbagai perusahaan. Jika Anda memutuskan untuk bermain saham, maka pahami dengan baik setiap saham yang Anda beli. Cara ini disebut dengan diversifikasi risiko. Tidak semua saham akan bergerak sesuai apa yang anda inginkan.

Tips yang selanjutnya adalah gunakan prinsip dasar jual beli yaitu membeli saham dan menjualnya kembali saat harga tinggi. Terus menerus melatih kemampuan berinvestasi saham agar Anda memahami dengan baik investasi yang sedang dilakukan. Jangan terus berpikir membeli murah dan menjual dengan harga yang tinggi. Menunggu saham hingga “murah” dapat menyebabkan anda tidak mengambil keputusan untuk jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa risiko investasi saham yang penting untuk Anda perhatikan saat memutuskan untuk masuk ke dalam pasar saham. Meskipun investasi saham berisiko tinggi, Anda bisa mengurangi risiko tersebut melalui pengendalian risiko yang kami sampaikan di atas.

Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Anda berkaitan dengan risiko investasi saham. Sudah mulai pede dan memahami saham? klik disni untuk mengetahui bagaimana cara membuka rekening saham.

Selamat berinvestasi!

Related For Ini Cara yang Tepat Saat Mengelola Risiko Investasi Saham