Menu

Ini Daftar Broker/Pialang yang Bisa Anda Gunakan (Bagian 2)

Februari 19, 2018 | Saham

Broker saham terpercaya

Memilih Broker Saham Terbaik (bag. 2) 

Caramudahinvestasi.com – Pada pembahasan yang sebelumnya, kami sudah memberikan informasi berkaitan dengan perusahaan pialang yang bisa Anda jadikan pilihan. Kali ini, kami akan melanjutkan untuk membahas pilihan broker atau pialang selanjutnya. Fokus pembahasan kali ini adalah Panin Sekuritas dan BNI Sekuritas. Kami akan mengupas secara tuntas 2 perusahaan broker tersebut secara lengkap disini.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut memilih broker saham terbaik untuk Anda semua.

3. Panin Sekuritas

Pembahasan berkaitan dengan Panin Sekuritas akan dimulai dari prestasi yang baru-baru ini didapatkan. Pada akhir tahun 2017 yang lalu, Panin Sekuritas telah mendapatkan sebuah penghargaan sebagai Top Emiten 2017 untuk sektor Sekuritas. Penghargaan ini diberikan oleh pihak Business News Indonesia yang telah bekerja sama dengan Asia Business Research Center (ARBC).

Panin Sekuritas memperoleh penghargaan Top Emiten 2017 Sektor Sekuritas. Penghargaan diberikan oleh Business News Indonesia bekerjasama dengan Asia Business Research Center (ARBC). Penghargaan yang diterima oleh Panin Sekuritas tersebut merupakan sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada emiten yang mempunyai kinerja yang tinggi dan memiliki reputasi yang baik.

Dengan penghargaan yang telah diterima oleh Panin Sekuritas, maka sebagai seorang investor, Anda tidak perlu ragu lagi dengan kinerja yang dimiliki oleh broker yang satu ini. Penghargaan yang diterima merupakan bukti bahwa Panin Sekuritas memiliki kinerja yang sangat baik di sektor yang dilakukan. Panin sekuritas merupakan salah satu pilihan broker saham terbaik.

panin sekuritas

4. BNI Sekuritas

Perusahaan pialang selanjutnya mungkin terdengar tidak asing di telinga sebagian masyarakat Indonesia. Sebab, BNI Sekuritas merupakan sebuah perusahaan sekuritas yang menjadi anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. BNI Sekuritas didirikan pada tahun 1995 dan pada awal pendirian, sebagian besar saham dimiliki oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. BNI Sekuritas termasuk perusahaan yang bergerak di bidang pasar modal meliputi perdagangan saham, perdagangan surat utang, dan investment banking and assets management.

BNI Sekuritas menjamin keamanan Anda sebagai seorang trader dengan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan ini telah terdaftar sebagai penyedian jasa penjamin efek, perantara pedagang efek, dan juga agen penjual reksadana.

Aplikasi Online BNI

Perusahaan ini memiliki tujuan untuk selalu menghadirkan pelayanan terbaik dan senantiasa memberikan nilai tambah kepada para nasabah dengan cara mengembangkan sistem transaksi saham secara online. Sistem yang dimiliki oleh BNI Sekuritas senantiasa disempurnakan agar bisa memuaskan para nasabah yang ingin melakukan transaksi saham secara online. Sistem online akan memudahkan Anda sebagai nasabah untuk melakukan transaksi saham dimanapun Anda berada. Nama aplikasi online BNI adalah Esmart, aplikasi ini juga bisa di download di handphone anda.

Tidak lupa BNI Sekuritas juga senantiasa menjalankan prinsip-prinsip Good Corporate Governance atau disingkat dengan GCG dan juga selalu mentaati peraturan yang ada di pasar modal Indonesia. BNI Sekuritas telah memisahkan dana nasabah, dimana mereka mewajibkan kepada seluruh nasabah untuk memiliki rekening dana investor atas nama nasabah sendiri.

Dilakukannya pemisahan dana nasabah tersebut berguna untuk menjamin dana nasabah untuk tetap aman dan bebas dari masalah penyalahgunaan dana yang seringkali dikhawatirkan oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah memantau saldo dana yang Anda miliki kapanpun dan dimanapun.

Bagi Anda yang pemula dan baru memulai berencana untuk melakukan investasi, BNI Sekuritas merupakan tempat yang sangat cocok untuk Anda jadikan pilihan. Agar bisa mendaftar sebagai nasabah, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Informasi yang kami himpun pada tahun 2014 yang lalu, BNI Sekuritas hanya membutuhkan modal minimal 1 juta rupiah saja agar bisa mendaftar. Sebuah nilai yang cukup terjangkau bagi para pemula yang belum memiliki banyak dana. Jika anda mahasiswa, saldo awal minimal adalah 100 ribu rupiah. Bagaiamana? cocok sebagai salah satu broker saham terbaik untuk mahasiswa bukan?

Jika Anda tertarik untuk mendaftar di BNI Sekuritas, maka ada 2 cara yang bisa dilakukan. Pertama, Anda bisa datang langsung ke kantor BNI Sekuritas dan yang kedua melakukan pendaftaran secara online.

BNI Sekuritas

Mendaftar Pada Sekuritas

Dalam pembahasan kali ini, kami akan memberikan pembahasan bagaimana cara melakukan pendaftaran secara langsung di kantor BNI Sekuritas.

Pertama, Anda perlu mempersiapkan berbagai dokumen yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran. Pertama Anda perlu mempersiapkan formulir registrasi nasabah yang terdiri dari Formulir Isian Pembukaan Rekening Efek Reguler, Perjanjian Pembukaan Rekening Efek Reguler, Formulir Specimen Tandatangan, Formulir Permohonan Batas Transaksi Rekening Efek Reguler, Formulir Disposisi Sales.

Selanjutnya Anda perlu mempersiapkan dokumen pendukung untuk nasabah perorangan yaitu Copy Identitas (KTP/Paspor) Nasabah, Copy Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Bagaimana jika ada nasabah korporasi yang akan mendaftar?

Maka, Anda perlu mempersiapkan dokumen yang meiputi Copy Anggaran Dasar Perusahaan terbaru, Copy Akta Pendirian Perusahaan, Copy Akta Susunan Pengurus terbaru, Copy SIUP, Copy NPWP, Copy Surat Izin Domisili / Surat Izin Tempat Usaha, Copy Identitas (KTP/Paspor) penanggungjawab perusahaan, Surat Kuasa untuk melaksanakan transaksi (jika dikuasakan), Copy identitas (KTP/Paspor) penerima kuasa (jika dikuasakan), Laporan Keuangan (Neraca dan Laba-Rugi) 3 (tiga) tahun terakhir.

Bagaiamana Jika Anda Mahasiswa ?

Jika Anda masih berstatus sebagai mahasiswa dan memiliki niat untuk melakukan pendaftaran di BNI Sekuritas dan tidak memiliki NPWP, maka Anda bisa menggunakan Kartu Mahasiswa. Setelah itu, Anda akan diminta untuk membuat Surat Keterangan Tidak Memiliki NPWP.

Apabila semua dokumen yang diperlukan di atas sudah siap, maka Anda bisa mendatangi kantor BNI Sekuritas yang berada dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda. Saat akan mendaftar sebagai nasabah, Anda bisa menentukan untuk mendaftar sebagai investor di pasar reguler atau di pasar Syariah. Kedua jenis pasar tersebut berbeda satu dengan yang lainnya, dalam pasar saham reguler, Anda bisa melakukan jual beli saham pada semua sektor yang ada seperti konsumen, perbankan, pertambangan, agro, dan lain sebagainya.

Sedangkan pada pasar saham syariah, Anda tidak akan menemukan perusahaan yang memiliki bisnis riba dan haram atau perusahaan yang menjual barang yang haram seperti minuman alkohol . Sebab contoh bisnis yang disebutkan tadi tidak sesuai dengan sistem perdagangan islam. Bagi Anda yang muslim dan ingin bertransaksi di pasar saham, maka kami sangat menganjurkan Anda untuk bertransaksi di pasar saham syariah.

Setelah itu, Anda akan disuruh untuk melakukan pengisian dokumen pendaftaran untuk membuka akun efek. Isilah seluruh dokumen tersebut dengan lengkap dan jelas, jika sudah selesai akun efek Anda akan selesai paling lambat 2 minggu setelah melakukan pendaftaran

Anda perlu menunggu beberapa waktu dan jika selesai, maka Anda akan mendapatkan email yang berisi User ID, password, dan PIN trading. Dalam hal ini Anda sudah bisa melakukan transaksi jual beli saham yang ada di Bursa Efek Indonesia.

Masing-masing perusahaan broker atau pialang yang telah kami sebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa memilih perusahaan mana yang terbaik dan akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi jual beli saham.

Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa membantu Anda semua. Selamat memilih broker saham terbaik anda.

Selamat berinvestasi!

Baca Juga Artikel Kami yang Lainnya :

Related For Ini Daftar Broker/Pialang yang Bisa Anda Gunakan (Bagian 2)