Menu

Keuntungan Investasi Emas, Tertarik untuk Mulai Berinvestasi?

Januari 8, 2018 | Investasi

Keuntungan Investasi Emas, Tertarik untuk Mulai Berinvestasi?

– Sebagian orang Indonesia masih banyak menyisihkan sebagian pendapatannya untuk melakukan investasi emas. Hal ini mereka lakukan karena adanya keuntungan investasi emas yang akan didapatkan di masa depan. Salah satu keuntungan investasi emas yang akan didapatkan para investor adalah kenaikan harga jual emas.

Selain kenaikan harga jual di masa depan, ternyata ada beberapa keuntungan lain berkaitan dengan investasi emas.

Apa saja?

Berikut ini kami akan menyajikan kepada Anda tentang 13 keuntungan investasi emas yang akan didapatkan:

1. Emas Memiliki Kecenderungan untuk Naik Harganya

Alasan yang pertama ini merupakan faktor yang membuat banyak orang bersedia menginvestasikan uang dalam bentuk emas. Telah diketahui bahwa emas memiliki kecenderungan untuk terus naik dari tahun ke tahun. Ada banyak sekali faktor yang bisa memicu naiknya harga emas, salah satu penyebabnya adalah tingkat inflasi yang tinggi. Sehingga banyak orang yang lebih percaya untuk menyimpan hartanya dalam bentuk emas dibandingkan dalam bentuk uang tunai.

2. Pergerakan Harga Emas Tidak Dipengaruhi Oleh Kebijakan Pemerintah

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh emas adalah pergerakan harganya yang tidak bergantung pada keputusan pemerintah. Apapun keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah, maka hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap harga emas. Jadi harga emas murni berdasarkan aksi jual-beli dimana harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran.  Hal di atas tentu sangat berbeda dengan nilai suatu mata uang yang pergerakannya sangat bergantung dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

3. Sangat Kecil Resiko Terjadi Penurunan Nilai

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh emas adalah nilai investasi atau harganya yang sangat kecil mengalami penurunan. Emas di masa depan memiliki kecenderungan untuk selalu meningkat nilainya dari tahun ke tahun. Walaupun dibeberapa tahun lalu emas sempat turun, tetapi perlahan mulai meningkat secara konstan.

4. Termasuk Investasi yang Kebal Terhadap Inflasi

Saat Anda berinvestasi emas, maka investasi yang Anda lakukan akan bertahan terhadap laju inflasi yang terjadi setiap tahun. Imbal hasil investasi yang berada di atas laju inflasi membuat banyak investor yang tertarik untuk membeli emas sebagai salah satu investasi. Bahkan pada saat terjadi inflasi, harga emas memiliki kecenderungan untuk meningkat dari sebelumnya. Pada saat saya menulis artikel ini pada tahun 2017 harga emas sudah meningkat diatas 10 persen dalam setahun.

5. Emas Bisa Anda Jadikan Jaminan

Suatu saat pasti Anda membutuhkan uang tunai dalam jumlah yang besar dan cepat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meminjam uang ke bank atau pegadaian. Anda bisa menggunakan emas yang dimiliki sebagai jaminan saat Anda meminjam dana. Pihak bank atau pegadaian biasanya akan melayani Anda dengan baik.

6. Termasuk Investasi yang Mudah Dicairkan

Jika Anda tidak ingin meminjam uang dengan pihak Bank atau Pegadaian saat keadaan mendesak, maka solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah menjual emas yang dimiliki. Emas bisa dijual dengan mudah dan Anda bisa dengan segera mendapatkan uang tunai untuk membiayai kebutuhan yang mendesak.

Kelebihan di atas tentu sangat menguntungkan karena tidak semua jenis investasi mudah untuk dicairkan menjadi dana yang siap pakai.  Beberapa contoh investasi yang tidak likuid adalah properti, obligasi, dan tanah.

7. Harga Emas Stabil

Harga emas dari tahun ke tahun cenderung stabil, bahkan terus meningkat. Hal ini dapat terjadi dikarenakan pergerakan harga emas tidak dipengaruhi oleh laju inflasi yang ada. Sebagai investor pemula, investasi emas merupakan pilihan yang bisa Anda lakukan untuk mengalokasikan kelebihan dana yang ada. Pergerakan yang tidak seagresif disaham yang membuat banyak orang merasa aman menabung atau berinvestasi pada emas. Dengan banyaknya yang menyukai emas, maka harga akan cenderung konstan meningkat.

8. Investasi Emas Sangat Rendah Resiko

Salah satu alasan yang membuat banyak orang enggan berinvestasi adalah resiko kerugian yang akan didapatkan. Jika Anda termasuk orang yang takut akan hal ini, maka emas bisa menjadi pilihan yang tepat karena emas termasuk investasi yang memiliki resiko yang rendah. Harga emas cenderung stabil dan sangat tahan dengan laju inflasi yang terjadi di masa depan. Selain itu untuk mengurangi risiko emas hilang saat ini juga ada jasa penitipan emas yang dilakukan oleh pegadaian.

9. Emas Memiliki Sifat yang Tahan Lama

Tahan lama artinya emas tidak mudah berubah bentuk saat disimpan bertahun –tahun. Harta yang lain seperti properti, kendaraan, dan uang memiliki resiko rusak akibat terbakar, terkena bencana, dan terendam air.  Di sisi yang lain meskipun emas memiliki resiko yang sama, tetapi emas tetap dalam bentuk semua dan tidak rusak akibat bencana di atas. Kelebihan inilah yang membuat banyak pihak tertarik untuk memiliki emas sebagai investasi.

10. Bisa Dimiliki Oleh Semua Kalangan

Banyak orang yang memilih tidak berinvestasi dikarenakan biaya investasi yang cenderung mahal dan tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan. Permasalahan ini tidak terjadi saat Anda berinvestasi emas, sebab Anda bisa membeli emas dengan harga yang sangat mudah dijangkau. Harga 1 Gram emas berkisar Rp 550.000 sampai Rp 600.000 saat ini dan jumlah tersebut masih bisa dijangkau oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Bahkan saat ini, Anda sudah bisa membeli emas dengan mencicilnya melalui Pegadaian dengan harga dan biaya yang lebih murah lagi dari biaya di atas.

11. Emas Mudah Dipindahkan

Keuntungan investasi emas yang selanjutnya adalah kemudahannya untuk bisa dipindahkan ke berbagai tempat. Namun, agar menjamin keamanan emas dari tindak kejahatan dari berbagai pihak, Anda bisa menyimpan emas yang dimiliki ke safe deposit yang disediakan oleh berbagai Bank. Agar bisa menggunakan layanan ini, Anda perlu membayar biaya tertentu kepada pihak bank.

Menyimpan emas di safe deposit bank terbukti lebih aman, jika dibandingkan Anda menyimpannya didalam rumah yang beresiko dicuri oleh orang lain.

12. Emas Termasuk Tangible Asset

Tangible Asset merupakan sebuah aset yang bisa dilihat dan dipegang oleh pemiliknya. Dengan demikian, Anda bisa menyimpan emas yang dimiliki ke dalam brankas yang aman atau didalam safe deposit bank. Berbeda dengan saham atau valuta asing yang bentuk fisiknya tidak bisa kita lihat sewaktu waktu.

13. Tidak Ada Pajak dan Biaya Administrasi yang Perlu Dikeluarkan

Saat Anda berinvestasi emas, Anda tidak akan dikenai pajak. Hal ini dapat terjadi dikarenakan emas dianggap sebagai bahan baku perhiasan. Hal seperti ini tidak akan Anda temui saat berinvestasi di saham, properti, dan barang seni. Aset yang disebutkan tadi akan dikenai biaya administrasi dan ada pajak yang perlu dibayarkan secara rutin oleh investor. Semakin besar nilai aset yang Anda miliki, maka akan semakin besar juga biaya administrasi yang perlu Anda bayarkan selaku investor. Tetapi di Negara kita sudah ada wacana penarikan pajak setiap transaksi emas. Tetapi nilai masih rendah, sehingga keuntungan pada investasi emas masih bisa dicapai.

Emas merupakan salah satu pilihan investasi yang bisa Anda lakukan untuk mengalokasikan kelebihan dana yang Anda miliki. Ada banyak sekali kelebihan emas saat Anda memilihnya sebagai salah satu investasi. Mulai dari resiko yang sangat rendah, kenaikan harga yang bisa mengalahkan inflasi, termasuk aset yang tahan lama, dan tidak adanya pajak yang perlu Anda bayarkan.

Meskipun emas termasuk investasi yang menguntungkan, Anda tetap perlu melakukan diversifikasi investasi ke dalam bentuk yang lain. Hal ini penting untuk dilakukan sebagai langkah meminimalisir resiko yang terjadi pada investas yang dilakukan.

Kami berharap pembahasan yang telah disampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua dan menginpirasi.

Selamat berinvestasi!

Baca juga artikel kami yang lainnya :

Related For Keuntungan Investasi Emas, Tertarik untuk Mulai Berinvestasi?