Menu

Cara Memilih Broker Saham : Review Broker/ Pialang Saham Terbaik (Bagian 1)

Februari 12, 2018 | Saham

Review broker by caramudahinvestasi.com

Caramudahinvestasi.com – Saat akan mulai berinvestasi di pasar modal atau saham, maka Anda membutuhkan bantuan dari pialang atau broker. Broker saham inilah yang nantinya akan menghubungkan Anda dengan para emiten yang menjual sahamnya kepada masyarakat. Dengan demikian secara sederhana dapat diartikan bahwa setiap transaksi yang Anda lakukan, baik menjual atau membeli saham akan melalui pihak broker.

Melihat alur kerja investasi di atas, maka memilih broker terbaik dan bisa dipercaya merupakan hal yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Broker atau pialang yang memiliki kredibilitas yang baik bisa menjamin investasi yang Anda lakukan bisa terlaksana dengan lancar.

Kali ini kami akan memberikan beberapa informasi penting berkaitan dengan pialang atau broker yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai rekanan investasi. Mari kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Indopremier sekuritas broker terbaik

1. Cara Memilih Broker Saham : Indo Premier Sekuritas

Pialang yang satu ini berada di bawah badan usaha PT Indo Premier Sekuritas yang merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan jasa keuangan terintegrasi di pasar modal. Indo Premier Sekuritas tidak hanya melayani klien individu saja, tetapi mereka juga melayani klien dalam bentuk korporasi yang berniat menanamkan modalnya di pasar saham.

Salah satu faktor  yang membuat pialang saham ini dipercaya oleh banyak orang dikarenakan pangsa pasar dan kapitalisasi modal yang dimiliki terus berkembang dan tumbuh dari tahun ke tahun. Data yang kami himpun per 31 Desember 2016, Indo Premier Sekuritas memiliki kapitalisasi modal lebih dari Rp 1 Triliun.

Selain faktor kapitalisasi modal, ternyata Indo Premier Sekuritas menjadi salah satu perusahaan efek yang berhasil mengelola investasi di dalam 2 kategori, kategori tersebut adalah retail dan institusi. Peranan perusahaan ini dalam kedua kategori tersebut sangat besar, mengingat beberapa perusahaan yang hanya mampu fokus melayani salah satu dari 2 kategori di atas.

Sekarang kita lanjut membahas tentang kegiatan bisnis yang dikelola oleh Indo Premier di masing-masing kategori di atas. Kegiatan bisnis dalam kategori nasabah institusi terbagi menjadi 3 yaitu investment banking, equity sales and trading, dan fixed income sales and trading.

Aplikasi Indo Premier Sekuritas

Dalam kegiatan bisnis untuk melayani nasabah individu, Indopremier juga melayani berbagai kegiatan investasi yang bisa Anda lakukan. Agar memudahkan para nasabah melakukan transaksi, Indo Premier meluncurkan platform solusi keuangan dan terintegrasi untuk masyarakat luar yang bernama IPOT (Indo Premier Online Technology). Layanan ini diluncurkan pada tahun 2007 yang lampau berdekatan dengan peluncuran IPOTSTOCK.

IPOTSTOCK merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjawab kebutuhan para investor berkaitan dengan akses informasi dan data-data yang ada di pasar modal. Melalui aplikasi ini, kegiatan investasi yang dilakukan bisa 24 jam non-stop selama 7 hari dalam seminggu dan juga lebih mudah digunakan.

Tidak sampai disana saja, Indo Premier juga meluncurkan IPOTNEWS pada tahun 2011 yang lalu yang merupakan sebuah portal berita ekonomi, pasar modal, dan data pasar modal yang bisa diakses secara gratis tanpa biaya. Lanjut lagi pada tahun 2014, IPOTPLAN, Sebuah portal layanan perencanaan keuangan yang menyeluruh bisa digunakan oleh masyarakat luas secara gratis tanpa adanya biaya sama sekali.

Terakhir ada IPOTFUND yang diluncurkan oleh Indo Premier Sekuritas yang menjadi tempat pelayanan transaksi penjualan dan pembelian reksadana tanpa adanya biaya pembelian dan penjualan.

Aktivitas Manajemen Investasi Juga Dilakukan Oleh Indo Premier

Melalui anak perusahaan yang dimiliki, Indo Premier mengembangkan sebuah bisnis aset manajemen. Perusahaan sangat sadar dengan pentingnya keberadaan teknologi yang mendukung pelayanan kepada para investor. Oleh karena itulah, Indo Premier meluncurkan Exchange Traded Fund saham yang pertama di Indonesia.

Berdasarkan data yang kami himpun, pada akhir 2014 yang lalu, Indo Premier telah meluncurkan 7 jenis ETF dengan dana kelolaan yang mencapai Rp 1,3 Triliun. Dikarenakan pengoperasian ETF membutuhkan kompetensi teknologi yang tinggi, maka sampai saat ini hanya Indo Premier yang menjadi perusahaan efek yang telah meluncurkan produk ETF di pasar modal Indonesia.

Faktor terakhir yang menjadikan Indo Premier patut Anda pertimbangkan sebagai perusahaan sekuritas yang bisa digunakan adalah jumlan investor yang mereka kelola. Jumlah investor yang di Indonesia yang dikelola oleh Indo Premier sekitar lebih dari 25 persen. Jumlah yang cukup besar dan patut diperhitungkan dengan baik.

mandiri sekuritas broker terbaik

2. Cara Memilih Broker Saham : Mandiri Sekuritas

Setelah membahas tentang perusahaan sekuritas Indo Premier, sekarang kita masuk membahas perusahaan broker yang lainnya. Mandiri Sekuritas berada di bawah pengelolaan badan usaha PT Mandiri Sekuritas telah menjadi broker lokal yang aktif di pasar modal Indonesia. Mandiri Sekuritas telah melayani nasabah untuk berinvestasi di pasar modal sejak tahun 2000 yang lalu.

Faktor pertama yang menjadikan Mandiri Sekuritas layak untuk Anda pertimbangkan sebagai perusahaan broker pilihan adalah jaringan yang mereka miliki. Sampai saat ini Mandiri Sekuritas mempunyai jaringan distribusi terluas yang memiliki lebih dari 40 kantor pelayanan yang telah tersebar di berbagai pusat perekonomian di Indonesia.

Selain jaringan bisnis yang luas, ternyata Mandiri Sekuritas telah berekspansi secara regional dengan meresmikan Mandiri Securities Pte Ltd di tahun 2017 kemarin. Dengan demikian, Mandiri Sekuritas menjadi satu-satunya perusahaan broker lokal yang memiliki bisnis di luar negeri.

Aplikasi Mandiri Sekuritas

Ditambah lagi, sebagai seorang nasabah baru, Anda bisa juga diuntungkan dengan aplikasi MOST yang memudahkan untuk melakukan transaksi di pasar modal. Ada banyak sekali kenyamanan dan keunggulan yang bisa Anda manfaatkan dengan keberadaan MOST. Pertama, Anda bisa lebih nyaman melakukan investasi di berbagai instrumen pasar modal seperti saham, obligasi, dan reksadana. Kedua, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mendapatkan informasi pasar modal terkini. Anda juga akan mendapatkan analisis terkait dengan investasi yang berasal dari tim riset yang telah berpengalaman di pasar modal.

Jika Anda membutuhkan pelatihan dan dukungan dari Mandiri Sekuritas, maka Anda bisa mendapatkannya gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Kemudian, jika ada perusahaan yang akan menerbitkan saham untuk pertama kalinya, Anda akan mendapatkan jatah saat akan berlangsung IPO.

Hal yang terpenting adalah Anda juga akan mendapakan kemudahan untuk melakukan trading di platform yang mereka sediakan melalui perangkat elektronik yang Anda miliki.

Itulah tulisan kami tentang cara memilih broker saham. 2 pilihan perusahaan broker yang bisa Anda gunakan sebagai rekanan untuk berinvestasi. Masing-masing pihak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu Anda perlu mempertimbangkan mana yang terbaik.

Jika Anda masih belum bisa menentukan pilihan antara 2 broker di atas, kami akan membagikan pilihan beberapa broker yang lain yang bisa dipilih pada tulisan yang selanjutnya.

Kami berharap informasi yang telah disampaikan di atas bisa menambah referensi yang bisa Anda gunakan saat akan memilih broker terbaik.

Selamat berinvestasi!

Related For Cara Memilih Broker Saham : Review Broker/ Pialang Saham Terbaik (Bagian 1)